•  
  • Air Untuk Kehidupan, Pergunakan Dengan Bijak
Kamis, 08 Oktober 2015 - 17:15:35 WIB
Penilaian Tahap II Lomba O & P Jaringan Irigasi Teladan Tk. Nasional 2015 UPTD Kroya
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Publikasi - Dibaca: 109 kali

Kedatangan Tim Penilai ke Cilacap adalah sebagai bagian dari penilaian tingkat lanjut sejak digelarnya Lomba O perasi dan Pemeliharaan Irigasi Teladan tingkat Nasional pada 24-27 Agustus 2015. Pada tahun 2015 ini UPTD SDA Kroya  telah meraih Juara II Lomba O & P Irigasi Teladan tahun 2015 tingkat Nasional dan pada tanggal 7 Oktober 2015 telah dilakukan penilaian tahap II di UPTD SDA Kroya. Tim Penilai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI berjumlah 5 orang 3 diantaranya adalah sebagai  juri. Kedatangan Tim Penilai disambut oleh Bupati Cilacap di Gadri pendopo Wijayakusuma Cilacap yang dihadiri Ketua  Tim Penilai Lomba Petugas Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Tingkat Nasional Dr Ir. Sukrasmo, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, Kepala Balai Besar Serayu Opak, Kepala Balai Besar Citanduy, Sekda Kab. Cilacap Drs. Sutarjo, MM, dan pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Dalam sambutanya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan selamat datang kepada  Tim Penilai Lomba petugas Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Tingkat Nasional, Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Bina Marga, SDA, ESDM Kroya Kabupaten Cilacap, khususnya kepada Sdr. Agus Susanto, S.ST.MT. selaku peserta yang ditunjuk untuk membawa UPTD SDA Kroya meraih Juara II untuk tingkat UPTD/Pengamat Irigasi hasil penilaian tahap I, yang dilaksanakan di D. I. Yogyakarta, dan harapan Bapak Bupati semoga dalam penilaian tahap II ini dapat memberikan hasil yang sebaik-baiknya mengingat Daerah Irigasi Cilacap merupakan salah satu lumbung pangan nasional dimana D.I. Serayu sebagian besar mengairi persawahan di Cilacap yang luasnya mencapai 58.488 hektar.

Dalam sambutan selanjutnya oleh Ketua Tim Penilai Lomba Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Teladan tingkat Nasional tahun 2015 Ir. Sukrasmo menjelaskan kriteria penilaian dalam Lomba OP ini, terdiri 5 pilar irigasi. Yaitu  ketersediaan air, infrastruktur bangunan irigasi, sistem management air, institusi, dan sumber daya manusia.

Adapun agenda penilaian pertama adalah kunjungan di UPTD SDA Kroya untuk menilai Aspek Administrasi di kantor tersebut. Lewat komando Kepala UPTD SDA Kroya Agus Susanto, S.ST. MT. Beliau menjelaskan kawasan jaringan Operasi irigasi yang dikelola UPTD Kroya, Pemeliharaan baik yang bersifat Swakelola dan Kontraktual  serta jalinan hubungan UPTD SDA Kroya yang dalam kinerjanya dengan P3A di Kabupaten Cilacap mencapai 391 paguyuban, GP3A sebanyak 25 kelompok dan IP3A sejumlah 4 kelompok, serta antar instansi dengan Pemerintah PSDA Provinsi maupun Balai Besar Serayu Opak dan Citanduy.

Kunjungan kedua adalah ke Bendung Gerak Serayu yang merupakan penyuplai utama Daerah Irigasi Serayu. Dalam kunjungan tersebut Tim Penilai dikenalkan dengan Sistem Operasi Pintu Bendung Gerak Serayu yang sudah dioperaikan secara terkomputerisasi yang memonitor besaran Elevasi Upstream, downstream, Banyaknya debit yang masuk intik, dan debit limpas.

Pada kunjungan terakhir adalah di Bangunan Bagi Sampang, dimana bangunan tersebut adalah bangunan utama yang membagi aliran intake dari Bendung Gerak Serayu ke 3 Saluran Induk yakni, yakni saluran induk Sumpiuh mengairi lahan seluas 11.389 hektar di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Cilacap UPTD Kroya seluas 7.650 hektar, Kabupaten Banyumas UPTD Sumpiuh seluas 3.358 hektar dan Kabupaten Kebumen UPTD Kebumen seluas 380 hektar. Saluran induk Doplang Cilacap UPTD Kroya mengairi lahan seluas 1.775 hektar dan saluran induk Cilacap mengairi lahan seluas 4.191 hektar dan UPTD Jeruklegi seluas 3.241 hektar.

Turut hadir pada kunjungan terkhir ini Bupati Cilacap yang dalam hal ini beliau  menyampaikan bahwa Daerah Irigasi Serayu merupakan sumber daya yang dapat menjadi modal dalam mendukung pembangunan di bidang pertanian, guna meningkatkan perekonomian di Kabupaten Cilacap. Mengingat keberadaan irigasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberhasilan usaha di bidang pertanian, maka Pemkab Cilacap terus berupaya secara maksimal untuk membangun sarana dan prasarana pengairan/jaringan irigasi dengan baik dan memadai. Disamping itu beliau juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran Tim Penilai sekaligus melepas Tim Penilai Lomba O & P Irigasi Teladan tahun 2015 tingkat Nasional. (Tim SISDA)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)