•  
  • Air Untuk Kehidupan, Pergunakan Dengan Bijak
Selasa, 19 November 2013 - 16:17:18 WIB
BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LAKIP DITJEN SDA
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Balai - Dibaca: 392 kali

Dalam rangka akuntabilitas kinerja penyelenggaraan pengelolaan SDA diperlukan adanya laporan akuntabilitas sebagai ukuran terhadap kinerja kegiatan dan sasaran untuk menilai keberhasilan dan kegagalan dalam mewujudkan visi misi DITJEN SDA. Untuk itu diperlukan pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang tepat , jelas , terukur dan legitimate sebagai prasyarat terselenggaranya pemerintahan yang bersih (good governance).

Penyelenggaraan pemerintahan yang baik memungkinkan terselenggaranya pembangunan dapat berlangsung secara berdaya guna dan berhasil guna mewujudkan tujuan pengelolaan SDA seperti yang tercantum dalam UU No 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Setiap BBWS/BWS sebagai pengelola Wilayah sungai harus mempunyai atau menyusun RENSTRA 5 tahunan yang dirinci kegiatan per tahunan yang disebut dengan perencanaan stratejik dan merupakan penjabaran atau bagian dari RENSTRA DITJEN SDA guna mengukur tingkat capaian kinerja Ditjen SDA, jelas Dirjen SDA, M. Amron dalam sambutannya ketika membuka acara Bimbingan Teknis Penyusunan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah), di Semarang, Jawa Tengah (220611).

Selama tiga tahun terakhir telah dilakukan pembinaan yang lebih intensif dalam penyusunan LAKIP dan telah banyak kemajuan yang dicapai, baik dalam kuantitas laporan maupun kualitas laporan. Diharapkan dari LAKIP dapat terbaca kiprah instansi pemerintah selama satu tahun anggaran dan sekaligus dapat dilihat pasang surut kinerja terhadap tahun-tahun sebelumnya sehingga akan mengarah pada instansi pemerintah yang akuntabel, dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungannya.

Acara ini turut dihadiri oleh, para pejabat eselon 2 dan 3, BBWS dan BWS di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum.(Hyn-mtm)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)