•  
  • Air Untuk Kehidupan, Pergunakan Dengan Bijak
Selasa, 19 November 2013 - 16:13:11 WIB
PEMBANGUNAN BENDUNGAN SLINGA SELESAI TAHUN INI
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Balai - Dibaca: 497 kali

Pembangunan Bendung Slinga di Kabupaten Purbalingga saat ini telah mencapai progress fisik 60%. Berdasarkan Informasi dari kontraktor PT. Adhi Karya menyebutkan bahwa progress pelaksanaan pada bulan Januari kemarin mencapai 58,91% dari 58,68% progress yang di targetkan, dengan deviasi +0.23%. Pekerjaan yang ditargetkan selesai pada tahun 2012 ini dibangun dari sumber dana APBN multi years tahun 2010-2012, melalui Balai Besar Wilayah Serayu Opak.

Rencana pembangunan bendungan yang berada diderah Slinga - Purbalingga ini adalah untuk Rencana Sistem DI. Slinga yang membendung sungai Klawing dengan pengambilan sebelah kiri, tepatnya di 450m di hulu Free Intake lama. Bendung Larangan I membendung Sungai Gemuruh dengan pengambilan sebelah kiri, Bendung Larangan II membendung sungai Gringsing dengan pengambilan sebelah kiri. Saluran Induk Slinga menyuplay Saluran Induk Larangan I & II. Sistem Irigasi DI. Slinga baik di Bendung Larangan I dan II terletak berangkai pada satu bidang melereng ke arah selatan, secara geografi dapat dibentuk dengan satu jaringan interkoneksi.

Bendungan yang berada pada kawasan Balai PSDA Serayu Citanduy ini merupakan irigasi teknis dengan areal seluas 1.504,81 Ha yang meliputi DI. Slinga 538,15 Ha, DI. Larangan I (427,77 Ha) dan DI. Larangan II (493,89 Ha). Sementara ini saluran diairi dari Sungai Cungkir di hulu free intake melalui Inlet Drain, saat kurang air dilakukan pompa ke Sungai Klawing.

Permasalah sebelumnya dimana degradasi dasar Sungai Klawing cukup tinggi, kondisi ambang intake dengan dasar sungai berbeda cukup tinggi sehingga secara gravitasi tidak dapat masuk ke ambang dan saluran. Hal ini berdampak pada waktu musim kemarau produksi padi menurun, karena kekurangan air. dan apabila pengambilan air dengan sistem pompa, akan memerlukan biaya operasi dan pemeliharaan yang cukup tinggi.

Dengan terlaksananya pembangunan Slinga dan Saluran Suplesi serta Sistem Irigasi DI.Slinga - Larangan menjadi satu interkoneksi, diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dan produksi pertanian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani(nh/media SISDA)



0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)