•  
  • Air Untuk Kehidupan, Pergunakan Dengan Bijak
Senin, 18 November 2013 - 16:47:49 WIB
Penanganan Bencana Jebolnya Gorong-Gorong Drainase Saluran Sekunder Kota D.I. Singomerto
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita Balai - Dibaca: 79 kali

Akibat hujan deras yang terus mengguyur daerah Banjarnegara mengakibatkan jebolnya gorong-gorong drainase saluran sekunder kota daerah irigasi Singomerto, yang berada di Desa Parakan Canggah, Banjarnegara pada hari Senin 26 November 2012. Jebolnya gorong-gorong tersebut mengancam keselamatan 22 kepala keluarga yang berada di hilir drainase tersebut, serta mengancam lahan pertanian yang mencapai 5.683 hektare.

Berdasarkan data yang telah diterima di BPSDA Serayu Citanduy, Curah hujan yang tinggi dan terus menerus mengguyur Banjarnegara mengakibatkan tingginya debit air, ini terlihat dari kenaikan elevasi yang terjadi di bendungan Singomerto. Jebolnya gorong-gorong ini terjadi karena gorong-gorong tersebut tidak mampu menampung debit air dari kota yang berlebihan. Panjang jebolan mencapai 22 meter dengan kedalaman 2 meter.

Untuk mencegah bencana lanjutan, BPSDA Serayu Citanduy melakukan upaya pemasangan gorong-gorong bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Serayu Opak. Pemasangan gorong-gorong tersebut berjumlah 25 buah dengan product buatan ARMCO. Kebutuhan gorong-gorong tersebut ternyata belumlah cukup untuk merampungkan pekerjaan tersebut. Kasie Pengendalian dan Pendayagunaan Balai PSDA Serayu Citanduy Arief Sugiarto, S.T. mengatakan bahwa kekurangan bahan gorong-gorong ARMCO ini akan disiasati dengan pemasangan gorong-gorong beton. selain itu, dia juga berteriama kasih atas partisipasi masyarakat dalam membantu memberikan akses jalan untuk tanah urugan.

 

Semoga dengan pemasangan gorong-gorong ini dapat mengakhiri ancaman warga yang berada di daerah hilir saluran drainase kota dan dapat terus mengaliri areal sawah yang dialiri saluran tersebut, serta tetap menjaga kestabilan talang air.(Arif/Database)

 



    0 Komentar :



    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)